Home - PERAWATAN TUBUH - Yuk merawat tubuh dengan jamu gendong

Yuk merawat tubuh dengan jamu gendong

Tips kecantikan wanita. Bagi penggemar jamu gendong tidak perlu minder, sebab dengan mengkonsumsi jamu tradisional jawa ini bisa membuat kulit tubuh lebih langsing, lebih halus, dan awet muda. Perawatan kulit tubuh tidak hanya perawatan luar saja seperti dengan lulur tubuh dan masker wajah saja. Namun juga perlu merawatnya dari dalam. Salah satunya dengan mengkonsumsi jamu gendong secara teratur.

Bagi masyarakat kampung jawa yang namanya minum jamu gendong merupakan hal yang biasa, namun tahukah anda bahwa minum jamu gendong ternyata mampu membuat tubuh menjadi lebih segar dan awet muda. Bahkan kulit tubuh juga menjadi lebih halus. Hal ini karena bahan bahan untuk membuat jamu gendong merupakan bahan bahan alami hasil alam Indonesia yang sangat berguna untuk menunjang program kecantikan anda. Soal kecantikan wajah wanita nomor satu, bahkan sekarang sudah banyak yang menggunakan bahan bahan alami untuk masker wajah, dan salah satunya krim pemutih wajah dengan kunyit, coba pelajari cara buat krim kunyit sendiri

Ada beberapa jenis jamu gendong yang bisa anda pilih sesuai dengan selera masing masing, seperti : kunyit asam, jamu gepyokan, jamu temulawak, jamu bersih darah, jamu kunci sirih, jamu penyubur kandungan, jamu beras kencur, jamu kunyit asam, jamu cabe puyang, jamu pahitan, dan lainnya. Dan ternyata banyak manfaat yang peroleh jika mengkonsumsi jamu gendongan tradisional ini, seperti : tubuh tambah sehat, kulit tubuh lebih halus bercahaya, dan tentunya harga jamu gendong yang sangat murah, bahkan hanya 5 ribuan sekali minum. Lantas apa saja sih khasiat dan manfaat jamu gendong untuk kesehatan dan kecantikan kulit tubuh, yuk kita simak keterangan berikut :

Khasiat jamu temulawak : Perlu diketahui bahwa bagian paling bermanfaat dalam temulawak adalah daging temulawak dan akar temulawak. Jamu temulawak baik sekali untuk menunjang kesehatan dari usia anak anak hingga para orang tua, namun demikian tidak dibenarkan mengkonsumsi temulawak secara terus menerus. Nah beberapa khasiat temulawak adalah : meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan fungsi ginjal, mengatasi demam menurunkan panas tubuh, mengeluarkan toksin racun dalam tubuh, mengatasi radang sendi, memengaruhi metabolisme lemak, mengatasi masalah usus besar, membantu pengobatan kanker, mengatasi masuk angin, mengatasi kram perut saat haid, mengobati gangguan pencernaan, serta menambah nafus makan.

Khasiat jamu galian singset : Jamu jawa yang satu ini cukup terkenal diantara kaum hawa. Jamu galian singset selain sudah diproduksi secara modern juga dibuat secara tradisional oleh para penjual jamu gendongan. Bisa dibilang cukup komplit bahan bahan untuk pembuatan jamu galian singset ini. Nah khasiat utama jamu galian singset seperti namanya yakni untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan perempuan.

para penjual jamu gendongan

Khasiat jamu gendong pahitan : Seperti sebutannya yakni jamu pahitan, maka jangan heran jika anda minum jamu pahitan ini rasanya sangat pahit, namun jangan kuatir sebab setelah minum jamu pahitan akan langsung diberikan penangkalnya, sehingga rasa pahit tidak berlangsung lama. Pantas saja rasanya sangat pahit sebab bahan utama jamu gendong pahitan ini adalah batang brotowali dan daun sambiloto. Nah rasa pahit jamu gendong pahitan ini tertebus dengan manfaatnya yang cukup bagus yakni menambah nafsu makan dan mencegah serangan penyakit diabetes serta sebagai terapi pencucian darah.

Khasiat jamu gendong cabe puyang : Dikalangan ibu jamu gendong cabe puyang sering juga disebut sebagai jamu pegel linu. Jamu jawa pegel linu ini memiliki konsumen khusus yakni para orang tua dan pekerja berat, sebab mampu menghilangkan rasa capek pegal pegal sehingga badan segar bugar kembali.

Khasiat jamu gendongan kunyit asam : Cita rasa jamu kunyit asam sungguh enak, namun dibalik enaknya jamu kunyit asam tersembunyi khasiat untuk kesehatan yang baik yakni menambah nafsu makan dan disinyalir mampu meringankan gejala keputihan pada wanita. Bahan utama jamu kunyit asam yakni daun asam jawa, kunyit, temulawak, dan bahan pelengkap lainnya.

Khasiat jamu beras kencur : Nah masih ingat dengan jamu pahitan, biasanya sehabis minum jamu pahitan di obati dengan minum beras kencur secara gratis sehingga rasa pahit langsung hilang. Jamu beras kencur ini menjadi favorit anak anak karena rasanya yang enak dan manis. Bahan utama jamu beras kencur yakni kencur dan beras ekstrak serta bahan tambahan lainnya.

Mengingat segudang manfaat dan khasiat jamu gendong untuk perawatan tubuh ini, maka sebaiknya para wanita membiasakan diri untuk mengkonsumsi jamu tradisional gendongan ini. Bahkan tanpa anda sadari jamu gendong jawa ini juga memiliki banyak manfaat untuk menunjang kesehatan dan kecantikan anda khususnya perawatan dari dalam tubuh. Dijaman yang serba modern ini tentu jamu gendongan bisa menjadi inspirasi kecantikan kulit tubuh anda. Bahkan dijamin tanpa efek samping serta murah harganya.

Namun kadang kala cukup sulit menemukan penjual jamu gendong jawa tradisional keliling kampung bahkan lewat depan rumah. Jika demikian tidak perlu kuatir, sebab anda bisa lho belajar membuat jamu gendongan sendiri. Soal bahan bahannya juga mudah di beli di pasar tradisional, karena semua bahan bahan jamu gendong ini dijual di pasar kampung dekat rumah, seperti kunyit, kencur, temulawak, temu ireng, dan bahan bahan jamu lainnya. Pendek kata bahan jamu gendong ini adalah hasil asli alam indonesia dan sangat murah harga jualnya. Anda ingin mencobanya, yuk ikuti resep cara membuat jamu gendong asli jawa tradisional berikut :

Resep cara membuat jamu gendong kunci sirih atau kunci suruh
Bahan bahan jamu kunci suruh / kunci sirih
⇒Kunyit biang : sekitar 1 jalur
⇒Jahe bakar : cukup sekitar 2 jari
⇒Jeruk nipis : sediakan 1 butir
⇒Kulit kayu manis : satu ruas saja
⇒Serai tua : sediakan 2 batang
⇒Kencur bakar : satu ukuran jari telunjuk
⇒Temu kunci : cukup 4 ruas
⇒Daun luntas : sejumput
⇒Biji kapulaga : 5 buah
⇒Daun sirih / suruh : segenggam
⇒Asam jawa : sediakan sekitar 25 gram
⇒Gula merah atau gula jawa : 250 gram atau sesuaikan
⇒Air matang : sediakan 1 liter

Cara membuat jamu kunci sirih atau kunci suruh tradisional
⇔Pastikan menggunakan bahan bahan terbaik dan higienis
⇔Siapkan blender dan masukkan semua bahan bahan jamu kunci sirih kecuali : jeruk nipis, gula merah, kayu manis, asam jawa, dan serai
⇔Lantas blender dengan putaran sedang hingga cepat, biar mudah bisa tambahkan sedikit air matang hingga blender penuh
⇔Kemudian saring dengan saringan sangat halus
⇔Lantas bekas saringan masukkan lagi dalam blender, tambah dengan air matang, gunakan putaran sedang
⇔Lalu peras kembali, ulangi hingga semua air habis.
⇔Siapkan panci khusus dan rebus jamu dengan tambahan gula merah sisir, asam jawa, kayu manis, dan serai. Jangan lupa tambah dengan air jeruk nipis.
⇔Kemudian saring kembali dan dinginkan
⇔Jamu kunci sirih siap dikonsumsi, jika tidak di jual bikin secukupnya saja

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!