Home - PERAWATAN KAKI - Tips lengkap perawatan kulit kaki secara alami

Tips lengkap perawatan kulit kaki secara alami

Kulit di daerah kaki cenderung kering. Namun jika kurang perawatan maka bagian tumit kaki bisa terjadi pecah pecah. Dengan demikian yuk mulai belajar cara perawatan kulit kaki sehingga tumit tidak pecah pecah dan kulit kaki kasar. Perawatan kulit kaki berguna untuk mencegah dari kekeringan. Sebagaimana diketahui bahwa pori pori kulit kaki tidak memiliki kelenjar minyak yang berguna sebagai pelembab alami tubuh. Namun pelembaban kulit kaki terjaga karena keluarnya keringat dari pori pori di kulit kaki. Pengalaman menunjukkan jika perawatan kulit kaki kurang benar, maka bisa mengakibatkan hilangnya kelembaban pada kulit di kaki dan juga cenderung memiliki kulit kaki kasar. bahkan jika terus berlanjut maka tumit kaki akan pecah pecah. Jika terjadi hal demikian tentunya penyembuhan kaki pecah pecah jadi tambah sulit. Dengan demikian ada baiknya untuk melakukan pencegahan dan perawatan kulit kaki secara benar dengan cara alami.

Kebersihan kulit di daerah kaki mesti anda kerjakan secara teratur. Sehingga jika anda malas membersihkan daerah kaki, maka bisa saja terjadi kekeringan dan kulit kaki menjadi bersisik. Bagi mereka yang berusia lanjut juga cenderung memiliki akulit kaki kering dan pecah pecah. Bagi penderita penyakit diabetes juga sangat rentan dan mudah memiliki kulit kaki kering. Oleh sebab itu, yuk mulai sekarang mencoba untuk menjaga tingkat kelembaban kulit kaki, sehingga terhindar dari memiliki kulit kaki kering dan pecah pecah. Anda bisa melakukan perawatan kaki dengan bahan bahan alami yang dihasilkan oleh alam. Lantas apa penyebab kulit kaki kering dan pecah pecah.

Gejala dan penyebab kulit kaki kering : Terjadinya kekeringan atau kurangnya pelembab di bagian bawah tubuh termasuk kulit kaki karena kurangnya perawatan dan juga kurang menjaga kebersihan daerah kaki dan sekitarnya. Namun demikian ada juga beberapa penyebab dari luar tubuh yang bisa anda hindari atau diminimalisir, seperti :

>> Karena terjadi musim atau cuaca dingin. perlu diketahui bahwa udara dingin bisa menjadi penyebab keringnya kulit kaki
>> Perendaman kaki yang terlalu lama. Perlu diketahui bahwa merendam kaki yang cukup lama bisa merangsang kulit kaki menjadi kering.
>> Terlalu lama memakai sepatu ketat maupun alas kaki yang tidak pas dan sempit.
>> Sering berjalan tanpa alas kaki
>> Kekeliruan dalam menggunakan sabun pembersih. Sabun mandi dengan tekstur kuat ( keras ) justru akan membuat berkurangnya pelembaban kulit secara alami.

Dengan demikian penyebab terjadinya kekeringan pada kulit kaki bisa terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan daerah kaki dan juga bisa juga disebabkan oleh penyebab dari luar tubuh Dengan demikian sudah saatnya anda memahami apa penyebab dan gejala kulit kaki kering dengan benar. Tanpa mengetahui penyebabnya, maka mustahil anda bisa melakukan perawatan dan pencegahan kulit kaki karing dengan benar. Jika demikian ada baiknya mulai sekarang mulai melakukan perawatan dan pencegahan terjadinya kekeringan pada daerah kaki dan tubuh bagian bawah. Berikut beberapa tips singkat dan sehat cara mencegah kulit kaki menjadi kering dan pecah pecah secara alami :

Perendaman dengan air hangat : Biasakan merendam kaki dengan air hangat pada malam hari sebelum tidur paling tidak sekitar. Perendaman dengan air hangat ini bertujuan untuk mengendorkan sel sel mati di kulit kaki dan merangsang regenerasi kulit kaki anda. Jangan lupa setelah selesai merendam kaki dengan air hangat supaya mengeringkan kembali dengan handuk lembut. Kemudian olesi dengan krim pelembab khusus daerah kaki atau sering disebut sebagai krim kaki. Hal ini untuk mencegah terjadinya kaki karing, apalagi anda tidur malam dengan fasilitas AC. Untuk mengurangi pengaruh buruk udara dingin AC ada baiknya mengenakan kaos kaki saat tidur malam.

perawatan kulit kaki

Minum air sesuai anjuran dokter : Minum air 8 gelas sehari juga bisa membantu menjaga tubuh anda dari dehidrasi. Lengkapi juga dengan mengkonsumsi buah buahan segar dan sayuran hijau. Ada beberapa minuman yang merangsang kekeringan kulit seperti kopi hitam dan minuman bersoda. Mengkonsumsi buah buah segar sacara teratur juga bisa membantu peremajaan kulit anda kembali. Cobalah untuk menjaga asupan makanan harian anda dengan baik dan hindari merokok.

Masker alami untuk kaki anda : Tahukah anda bahwa membuat masker kaki alami cukup mudah. Anda bisa membuat sendiri masker kaki alami dengan buah alpukat dan pisang. Buah pisang dan alpukat ini banyak mengandung minyak esensial, mineral, dan vitamin. Untuk selingan bisa juga anda mengganti pisang dengan buah pepaya.

Masker madu dan tepung beras : Selain itu anda juga bisa membuat masker kaki dengan bahan alami lainnya, seperti madu dan tepung beras dengan beberapa tambahan bahan lainnya, seperti ; sari cuka apel dan minyak zaitun. Campurkan abahan bahan menjadi satu sehingga membentuk adonan kental. kemudian oleskan pada daerah kaki. Tunggu paling tidak 20 menit dan bilas dengan air hangat hangat kuku.

Meskipun demikian, jika dengan cara cara alami kurang bisa mendapatkan hasil yang bagus. Anda bisa mendatangi dokter kulit langganan. Cara perawatan kulit kaki secara alami akan berhasil jika kulit kasar di kaki belum sedemikian parah, namun jika sudah cukup parah ada baiknya pergi ke dokter kulit unutk mendapatkan obat racikan dokter yang mujarab. Jika tumit kaki pecah pecah ada baiknya anda membantu dengan menggosokkan batu apung yang lembut.