Home - PERAWATAN WAJAH - Tips cara memilih bedak wajah yang benar

Tips cara memilih bedak wajah yang benar

Bedak merupakan peralatan kosmetik yang paling banyak digunakan. Ikutilah petunjuk tips singkat bagaimana cara memilih bedak wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah anda. Dengan pemakaian yang benar, maka pemakaian bedak wajah akan mampu menambah kecantikan wajah anda. Tampil cantik sepanjang hari menjadi tujuan utama para kaum wanita. Bedak menjadi jembatan pertama untuk menjadi cantik. Namun demikian sudah benarkah cara anda dalam memilih bedak. Sebab bagaimanapun juga bahwa saat ini cukup banyak merk bedak yang di jual di pasaran dan pada kenyataannya antara bedak asli, bedak palsu, dan bedak KW campur menjadi satu. Dengan demikian perlulah kiranya perlu belajar kembali bagaimana cara memilih bedak yang benar dan sesuai dengan keutuhan anda.

Penggunaan bedak bisa dibilang wajib pada setiap[ wanita. Bisa dibilang semua wanita pasti memakai bedak setiap hari dan terlebih saat keluar rumah. Dengan demikian kualitas dan bahan bedak yang anda gunakan mesti pas dan sesuai dengan jaringan kulit wajah anda. Perlu anda ketahui bahwa pemilihan bedak erat hubungannya dengan jenis kulit wajah, yang mana apapun bedak yang anda sapukan pada kulit wajah harus cocok dengan kulit wajah anda. Sebagaimana diketahui bahwa ada beberapa macam jenis kulit, seperti : kulit normal, kulit kering, kulit sensitif, kulit kombinasi, dan jenis kulit berminyak. Nah sebagai wanita maka anda harus mampu menerjemahkan dari jenis apa kulit wajah anda. Hal ini cukup penting sebab nantinya akan diselaraskan dengan jenis bedak yang anda gunakan. Seperti diketahui bahwa produk bedak di desain untuk pemakaian jenis kulit tertentu, sehingga anda mesti teliti dalam hal ini.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memilih warna bedak yang juga harus sesuai dengan warna kulit wajah anda. Sebagaimana diketahui bahwa kulit manusia khususnya kulit wajah ada berbagai macam warna kulit manusia. Bagi anda yang tinggal di Indonesia atau pada umumnya orang Indonesia mempunyai warna kulit sawo matang. Nah pemilihan warna bedak wajah paling tidak hampir mirip dengan warna kulit wajah anda. Sehingga nantinya warna kulit muka anda setelah menggunakan bedak tidak berbeda jauh dengan warna kulit tubuh lainnya, seperti leher, tangan, kaki, dan lainnya. Tentunya tidak akan pernah ada warna bedak yang sama persis dengan warna kulit anda. Dengan demikian cobalah lebih teliti untuk mendapatkan warna bedak yang sama. Cukup banyak lho bedak di pasaran, sehingga tentunya anda bisa mendapatkan bedak yang sesuai dengan yang anda inginkan. Tentu saja anda akan kebingungan untuk memilih jenis bedak apa yang yang sesuai dengan keinginan. Berikut saya lampirkan beberapa jenis bedak dan cara penggunaannya.

Bedak tabur : atau disebut juga Loose Powder : Diantara jenis bedak, maka jenis bedak tabur yang paling banyak di gunakan. Penggunaannya juga cukup mudah yakni dengan sepon juga sudah cukup. Bagi wanita Indonesia bisa dibilang paling banyak menggunakan bedak tabur terutama untuk pergi keluar rumah, seperti pergi ke pasar atau sekedar ngobrol ngalor ngidul. Pokoknya bedak tabur ini biasa di gunakan untuk kegiatan biasa. Tekstur bedak tabur ringan dan mudah dibawa kemanapun. Pada hakekatnya bedak tabur bisa di gunakan untuk semua jenis kulit. Namun karena sifatnya yang kering ( bubuk ) maka pemakaian bedak tabur ini seharusnya setelah menerapkan pelembab atau foundation. Nah karena sifatnya yang kering maka bedak tabur atau Loose Powder sangat pas diterapkan bagi mereka yang mempunyai jenis kulit wajah berminyak karena bisa membantu penyerapan minyak di kulit wajah.

Compact powder : sering disebut juga sebagai bedak padat. Di beberapa daerah dnamai juga sebagai pressed powder. Pada hakekatnya bedak padat ini bahan dasarnya tidak jauh beda dengan bahan untuk bedak tabur. jadi bisa dibilang jika bedak padat ini merupakan bedak tabur yang dipadatkan. Bisa dibilang bedak padat ini lebih praktis karena mudah dibawa kemanapun tanpa takut tumpah seperti bedak tabur. Bagi wanita yang mempunyai kulit wajah cenderung kasar akan lebih baik jika menggunakan bedak padat. Karena sebagaimana diketahui bahwa bedak padat juga bisa berfungsi untuk menutupi pori pori atau kerutan di wajah. Bedak padat cocok di gunakan oleh mereka yang memiliki jenis kulit wajah kering dan bisa bertahan lebih lama. Meskipun demikian jangan sampai anda berkeringat karena bedak padat bisa membuat wajah anda seperti topeng. Untuk diaplikasikan pada jenis kulit berminyak kurang disarankan, kecuali anda memilih bedak padat yang oil free ( bebas minyak ).

cara memilih bedak

Two way cake : Seperti namanya bahwa jenis bedak yang satu ini terdiri dari dua jenis yaitu foundation dan bedak. Sehingga bisa dikatakan bahwa bedak jenis two way cake paling simple dan praktis karena anda sudah tidak memerlukan bedak untuk alas lagi. Two way cake merupakan bedak dengan formula khusus foundation dan cenderung berat, sehingga lebih disarankan digunakan untuk acara acara resmi saja. Meskipun demikian jenis kulit yang paling cocok dengan two way cake adalah mereka yang mempunyai jenis kulit wajah normal atau yang sedikit kering. Bagi yang mempunyai kulit wajah berminyak akan lebih baik jika tidak menggunakan bedak two way cake ini, karena di dalam teksturnya sudah mengandung minyak.

Setting Powder : bisa dibilang sebagai jenis bedak transparan yang tipis aplikasinya. Dengan demikian bagi mereka yang suka bedak ringan akan cocok dengan jenis bedak Setting Powder. Warnanya yang tipis transparan sangat pas digunakan setelah pemakaian foundation. Bedak Setting Powder juga mampu mengurangi kilap di kulit wajah anda.
Finishing powder : Seperti namanya bahwa jenis bedak yang satu ini sebagai penutup atau pengunci. Pada umumnya warnanya putih transparan. Cukup tipis saja saat menggunakannnya. Nah supaya hasilnya lebih sempurna cara penerapannya cukup tipis saja supaya tidak mengurangi keindahan warna bedak sebelumnya.

Shimmering Powder : Atau disebut juga bedak Bedak Glitter, sebenarnya bedak shimmering hampir mirip dengan bedak tabur, namun bedanya jika bedak shimmering Powder mempunyai sifat sebagai pembuat kilap. Sesuai namanya yakni glitter, maka jenis bedak ini mengandung bubuk kilap.

Bedak Meteorite : Harganya lumayan mahal dan masih sulit ditemukan. Pada umumnya bentuk bedak Meteorite ini bulat-bulat kecil dan berwarna warni. Bedak ini biasa digunakan setelah mengaplikasikan makeup dan sebagai sentuhan akhir agar wajah terlihat lebih bersemu natural. Untuk menggunakannya disarankan menggunakan kuas besar dan sapukan ke seluruh wajah. Sehingga riasan wajah anda akan terlihat lebih bercahaya dan segar.

Liquid powder atau disebut juga sebagai bedak cair merupakan makeup base untuk memperkuat tampilan riasan make up anda. Karena teksturnya cair sehingga bedak ini sangat mudah menempel dan menutupi kulit kulit wajah sehingga warnanya sangat terlihat natural. Namun demikian anda harus teliti dan hati hati dan sebaiknya gunakan kuas atau spons agar tidak belang dan bisa merata dengan baik.